TRAIT AND FACTOR (MASALAH PERENCANAAN KARIR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19)

     Perencanaan karir merupakan salah satu aspek yang penting dalam perkembangan karir individu. Kecakapan dalam mengambil keputusan merupakan tujuan utama dari perencanaan karir yang harus ditempuh oleh setiap individu. Perencanaan karir merupakan proses bagian penting dari pendidikan. Perencanaan karir dapat meningkat di antara siswa sekolah menengah ketika mereka membuat keputusan tentang profesi dan masa depan (Bencek & Vidacek, 2015: 67). Dalam perencanaan karir, siswa dapat memilih dan juga menentukan karirnya. Hal ini terdapat pada teori perkembangan Trait And factor. Teori tersebut menegaskan bahwa karakter klienlah yang harus pertama kali dinilai, dan kemudian dicocokkan secara sistematis dengan faktor-faktor yang terlibat di dalam berbagai jabatan.

    Teori trait and factor merupakan teori awal yang muncul bagi konseling dan pengembangan karir. Pendekatan ini menilai sifat/watak individu lewat ukuran-ukuran obyektif lalu menyesuaikannya dengan yang biasanya dibutuhkan bagi performa yang sukses dalam wilayah karir tertentu. Situasi ini akan membantu konselor dalam kemampuan menyediakan bantuan obyektif bagi klien yang mencari arah pengembangan karir dan pengambilan keputusan.

    Di situasi saat ini yang sedang dikejutkan dengan mewabahnya suatu penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama corona atau dikenal dengan istilah covid-19 (corona virus diseases-19) ratusan ribu manusia terpapar virus ini di seluruh dunia, bahkan puluhan ribu menjadi korban meninggal. Penularan lewat kontak antar manusia yang sulit diprediksi karena kegiatan sosial yang tidak bisa dihindari merupakan penyebab terbesarnya covid-19 ini. Rumitnya penanganan wabah ini membuat para pemimpin dunia menerapkan kebijakan yang super ketat untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Social distancing menjadi pilihan berat bagi setiap negara dalam menerapkan kebijakan untuk pencegahan penyebaran covid-19, karena kebijakan ini berdampak negatif terhadap segala aspek kehidupan, Salah satunya dalam dunia pendidikan.

    Kebijakan social distancing berakibat fatal terhadap roda kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan ikut juga terdampak kebijakan ini. Keputusan pemerintah yang mendadak dengan meliburkan atau memindahkan proses pembelajaran dari sekolah menjadi di rumah membuat siswa banyak mengalami penurunan dalam bidang pendidikan salah satunya siswa mengalami kesulitan dalam merencanakan karirnya, apalagi saat situasi ini banyak siswa yang mengalami putus asa dalam perencanaan karirnya.

    Frank Parsons merupakan pakar yang mengembangkan teori trait and factor ini. Remaja banyak yang kesulitan dalam menentukan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat serta potensi mereka, sehingga Parsons mulai mencari cara agar bisa membantu para remaja tersebut (Zeni, 2016).

Kelebihan Teori Trait And Factor :

*Penekanan pada penggunaan data tes objektif membawa kepada upaya perbaikan dalam pengembangan tes dan penggunanya, serta perbaikan dalam pengumpulan data lingkungan;

*Penekanan yang diberian pada diagnosa mengandung makna sebagai suatu perhatian terhadap masalah dan sumbernya mengarahkan kepada upaya pengkreasian teknik-teknik untuk mengarasinya;

*Penekanan pada aspek kognitif merupakan upaya menyeimbangkan pandangan lain yang lebih menekaankan afektif atau emosional.

Kelemahan Teori Trait And Factor :

*Kurang diindahkan adanya pengaruh dari perasaan,keinginan,dambaan aneka nilai budaya,nilai-nilai kehidupan,dan cita-cita hidup,terhadap perkembangan jabatan anak dan remaja serta pilihan program/bidang studi dan bidang pekerjaan;

*Diandalkan bahwa pilihan jabatan dan pilihan program studi terjadi sekali saja da ini pun bersifat keputusan terakhir atau definitif,dengan berfikir secara rasional;

*Kurang diperhatiakn peranan keluarga dekat, yang ikut mempengaruhi rangakaian pilihan anak dengan cara mengungkapkan harapan,dambaan dan memberikan pertimbangan untung-rugi sambil menunjuk tradisi keluarga;tuntutan mengingat ekonomi keluarga;serta keterbatasan yang konkret dalam kemampuan finansial;

    Kurangnya perencanaan karir yang berkaitan dengan orientasi karir merupakan penghambat siswa dalam mengambil keputusan karirnya secara tepat. Masih banyak siswa yang merencanakan karirnya secara tidak realistis. Mereka membuat rencana karirnya hanya berdasarkan keinginan dan kemauan mereka yang tidak disesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya.

    Indikator-indikator peserta didik yang memiliki permasalahan dalam menentukan karir di masa depan seperti :

1.     1. Kurang memahami, meyakini bahkan (mengembangkan) adanya minat dan bakat yang dimiliki.

      2. Kurang dalam emosionalnya.

      3. Ragu pada kemampuan atau potensi untuk melanjutkan keperguruan tinggi.

4.     4. Bingung memilih kemauan sendiri atau mengikuti keinginan orang tua.

    Adapun indikator-indikator yang telah disebutkan di atas sulit untu peserta didik dapat memahami tentang dirinya maupun lingkungannya. Karena pandemi yang mengharuskan siswa belajar dari rumah (BDR) maka kurang optimal guru BK memberikan layanan konseling bimbingan karir kepada siswa. Selain itu, beberapa siswa memiliki kesulitan dalam proses perencanaan karir. Salah satunya siswa masih binggung memilih untuk melanjutkan studi pada saat pandemi covid-19 ini. Dampak negatif dari wabah covid-19 ini sangat mempengaruhi mental siswa dalam dunia pendidikan terutama dalam perencanaan karir siswa, siswa menjadi putus asa, merasa bimbang, bingung dan enggan melanjutkan studi kelanjutan

    Upaya yang dapat dilakukan dalam membantu perencanaan karir siswa pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan melakukan konseling individual maupun konseling kelompok dengan memberikan layanan-layanan seperti layanan informasi. Meskipun saat pandemi, mengharuskan guru BK melakukan konsleing dengan cara virtual seperti zoom meeting ataupun melalui video conference lainnya. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berkesinambunan, berkelanjutan dan sistematis agar siswa dapat terbantu memahami dirinya dalam perencanaan karirnya di masa depan. 





Ade Fadillah

1203351007

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment