Angkor Wat Kota Kuno Di Kamboja Yang Penuh Dengan Seni Bangunan

Post a Comment

Angkor Wat adalah kota kuno di Kamboja yang merupakan pusat kerajaan Khmer yang pernah menguasai sebagian besar Asia Tenggara. Peradaban ini punah, tetapi tidak sebelum membangun kuil dan bangunan luar biasa yang direklamasi oleh hutan selama ratusan tahun. Meskipun tempat ini selalu penuh dengan turis, area ini masih mempesona untuk dilihat. Kuil-kuil yang paling populer adalah Angkor Wat, Bayon, Ta Phrom, dan Angkor Thom. Saya akan merekomendasikan mendapatkan pass multi-hari sehingga Anda dapat mengunjungi beberapa kuil luar di mana ada pengunjung kurang. Kota besar terdekat dan landasan peluncuran untuk wisata di sini adalah Siem Reap.

Angkor Wat - dibangun oleh Suryavarman II (r 1112-552) - adalah representasi duniawi Gunung Meru, Gunung Olympus dari agama Hindu dan tempat tinggal dewa-dewa kuno. Raja-raja dewa dari Kamboja masing-masing berusaha untuk memperbaiki struktur nenek moyang mereka dalam ukuran, skala dan simetri, memuncak dalam apa yang diyakini sebagai bangunan keagamaan terbesar di dunia.Kuil adalah jantung dan jiwa Kamboja dan sumber kebanggaan nasional yang ganas. Tidak seperti monumen Angkor lainnya, monumen ini tidak pernah ditinggalkan untuk elemen dan telah digunakan secara terus menerus sejak dibangun.

Angkor Wat terkenal karena memiliki lebih dari 3.000 bidadari permai (bidadari surgawi) yang diukir di dindingnya. Masing-masing unik, dan ada 37 gaya rambut yang berbeda untuk penata gaya untuk dilihat. Banyak dari para apsara yang sangat indah ini mengalami kerusakan selama upaya membersihkan kuil-kuil dengan bahan kimia selama tahun 1980-an, tetapi mereka dipulihkan oleh tim dengan Proyek Konservasi Apsara Jerman. Kencing dan kotoran Bat juga menurunkan ukiran yang dipulihkan dari waktu ke waktu.




Bagaimana Angkor Wat dibangun?

Blok batu pasir dari mana Angkor Wat dibangun digali dari gunung suci Phnom Kulen, lebih dari 50km jauhnya, dan melayang di Sungai Siem Reap di atas rakit. Logistik dari operasi semacam itu adalah pikiran bertiup, memakan tenaga ribuan. Menurut prasasti, pembangunan Angkor Wat melibatkan 300.000 pekerja dan 6000 gajah, namun belum sepenuhnya selesai.

Angkor Wat dikelilingi oleh parit selebar 190m, yang membentuk persegi panjang raksasa berukuran 1,5 km 1,3 km. Dari barat, jalan lintas batu pasir melintasi parit.

Dinding luar persegi panjang, yang berukuran 1025m kali 800m, memiliki gerbang di setiap sisi, tetapi pintu masuk utama, teras seluas 235m yang dihiasi dengan ukiran dan pahatan, berada di sisi barat. Ada patung Vishnu, tingginya 3,25 m dan dipahat dari satu balok batu pasir, yang terletak di menara sebelah kanan. Delapan lengan Wisnu memegang gada, tombak, cakram, keong dan barang-barang lainnya. Anda mungkin juga melihat kunci rambut tergeletak. Ini adalah persembahan baik dari orang muda yang bersiap untuk menikah dan dari para peziarah bersyukur atas nasib baik mereka.


Avenue

Jalan ini memiliki panjang 475m dan lebar 9,5m dan dilapisi dengan langkan naga, yang mengarah dari pintu masuk utama ke kuil utama, melewati dua perpustakaan yang anggun dan kemudian dua kolam renang, yang di utara tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbit.

Kompleks pusat

Kompleks candi pusat terdiri dari tiga lantai, masing-masing terbuat dari laterit, yang melingkupi persegi yang dikelilingi oleh galeri-galeri rumit yang saling terkait. The Gallery of a Thousand Buddhas (Preah Poan) digunakan untuk rumah ratusan gambar Buddha sebelum perang, tetapi banyak dari ini telah dihapus atau dicuri, meninggalkan hanya segelintir yang kita lihat hari ini.
Towers

Sudut lantai kedua dan ketiga ditandai oleh menara, masing-masing atasnya dengan menara simbolis teratai. Meningkat 31m di atas tingkat ketiga dan 55m di atas tanah adalah menara pusat, yang memberikan seluruh kemegahan agung kesatuannya yang luhur.
Tingkat atas

Tangga ke tingkat atas sangat curam, karena mencapai kerajaan para dewa bukanlah tugas yang mudah. Juga dikenal sebagai Bakan Sanctuary, tingkat atas Angkor Wat terbuka untuk jumlah terbatas per hari dengan sistem antrian.

Kata Akhir

Sangat menarik bukan? Anda yang ingin berlibur dan melihat Indahnya Pulau Angkor Wat ini tentu harus menabung mulai dari sekarang. Karena biaya perjalanan untuk bisa sampai ke Angkor Wat yang letaknya di Kamboja ini memang biayanya tidak bisa dibilang murah tetapi tidak terlalu mahal juga,bila mau bekerja dan berusaha tidak lupa pula untuk mulai menabung ... 

Related Posts

Post a Comment